Sunday, June 2, 2013

Balap Liar kampung

Kemaren abis magrib gue tiduran sambil iseng ngupil ngupil manja di kamar, beberapa saat kemudian gue denger suara mirip mesin jigsaw (Mesin penebang pohon) kenceng banget dari jalan depan kamar gue, gue cuek aja karena gue tau suara barusan adalah suara knalpot motor, si Slamet temen gue yang gagal dimodip. Lima menit kemudian gue dapet sms dari Slamet yang isinya ngajakin gue nongkrong. Ternyata bener dugaan gue, tuh anak mau nongkrong sama temen temen yang lain. Udah gue duga, emang kebiasaan Slamet tuh kalo abis magrib bakal nongkrong di warung kopi langganan dia dan gue ngutang.



Kalo motor Dragnya Slamet jauh lebih jelek dari ini.



Nggak lama kemudian guepun bergegas dengan semangat karena tumben banget Slamet ngajakin gue nongkrong. Dari logat bicaranya di sms barusan, sepertinya Slamet abis gajian dan gue berharap kali ini Slamet mau mentraktir gue. Setelah keluar rumah dan jalan beberapa meter, gue kaget karena nggak biasa biasanya anak anak udah pada ngumpul di perempatan kampung gue lengkap dengan motornya masing masing. Biasanya kalo diajakin nongkrong tuh susahnya minta ampun, mereka pada milih nonton sinetron daripada ngumpul bareng. Dan yang bikin gue heran adalah mereka udah nyiapin bahan bahan untuk membuat api unggun banyak banget. Biasanya nggak kayak gini. Dengan hati penuh tanda tanya gue berusaha memasang raut muka biasa saja seolah nggak ada sesuatu yang beda. Api unggun udah dibuat, Kita ngobrol sana sini, ketawa bareng, ngeledekin temen yang culun, ngupil berjamaah, dan berak di got sama sama. Malampun terus berlanjut..

Setelah capek ketawa tawa, tiba tiba si Slamet berkoar
“Woy, Yuk sekarang” Kata Slamet sambil naik ke motor Dragnya.
“Ayook.!” Bales Juki, temen gue yang lain dengan semangat lalu menghampiri motornya yag diparkir deket motor Slamet. Mereka seperti sudah terkomando, mereka menstater motornya lalu menuju jalan yang agak gelap. Slamet dan Juki berdampingan dengan muka apa adanya (Emang muka kayak gitu yang mereka punya). Sayup sayup gue denger suara Slamet menghitung “SATU, DUA, TIGA.!” Dan setelah itu, motor mereka melaju kenceng banget, temen temen yang lain juga bersorak mirip anak anak TK ngeliat Miyabi netek-in anak kambing. Gue cuma bisa melongo ngga tau harus ngapain. Untuk beberapa saat gue merasa Mata gue ngga bisa berdetak (Ya Iyalah.!) maksudnya mata gue ngga bisa kedip karena gue takut jangan jangan diantara mereka ada yang jatoh. Apalagi ketika mereka berdua hilang ditelan kegelapan, yang bisa mengisyaratkan mereka masih idup hanya suara motor mereka yang terdengar dipaksakan banget sampe bunyinya serak serak ngga karuan.
Ilustrasi
Beberapa saat kemudian mereka dateng lagi dengan kecepatan maksimal yang mereka punya. Gue ngga perduli siapa yang menang, yang gue liat sih Slamet Finish Belakangan terpaut sekitar Tujuh detik dari Juki gue cuma ngerasa lega karena mereka berdua nggak kenapa napa.
Slamet dan juki turun dari motornya, mereka keliatan puas banget udah melampiaskan hasrat mereka. Mereka juga keliatannya ngga perduli siapa pemenangnya, keduanya tersenyum lega, Tapi senyum Slamet keliatan lebih kecut Haaaaha...
“Ayo jum, giliran raimu.!” Tantang Juki ke Jujum yang dari tadi cuma tereak tereak sambil goyang patah patah.
“Ah, moh motorku anu..” Jawab Jujum beralasan yang kemudian disusul sorakan dari temen temen yang lain. Gue ngeliat ada yang mendorong dorong badan Jujum menuju ke motornya. Ahirnya Jujum mau juga dan langsung naek ke motornya, seketika wajah Jujum berubah jadi sangar seolah siap membantai siapa saja yang menantangnya.
Jujum dan Juki menuju Garis Start. Sayup sayup suara Juki menghitung dan Bruuuuuuuum.... motor mereka berdua melaju dengan beringasnya. Suara riuh dari temen temen yang lain mulai terdengar ditambah suara cempreng motor Juki yang mirip suara siksa kubur membuat gue merasa sedang berada di tempat asing. Setelah Jujum dan Juki ditelan kegelapan tiba tiba Suyatno, temen kami kabur dengan paniknya. Guepun jadi gugup celingak celinguk ngga tau apa yang gue cari, gue cuma khawatir aja semua warga pada keluar bawa pentungan karena mereka ngerasa terganggu dengan suara motor motor liar yang bikin kuping sakit . Secara balap motor ini dilakuin di jalan kampung dan gue dari tadi baru nyadar kalo kegiatan ini merusak dan mengusik ketentraman Masyarakat umum.
Gue jadi makin panik ketika salah satu jendela rumah warga dibuka sama pemiliknya. Gue liatin Satu persatu rumah di sekitar situ dan ternyata banyak juga warga yang mengintip lewat jendela. Dari kejauhan gue liat lampu motor Juki dan Jujum. Mereka sedang menuju garis Finish tapi dari arah berlawanan ada motor yang mau lewat, gue sempet panik tapi anak anak yang lain langsung nyetop pengendara yang ngga tau apa apa itu. Mereka mnejelaskan dengan singkat dan sang pengendara yang ngga tau apa apa itupun mengerti dan rela perjalanannya terganggu sampe Juki dan Jujum mencapai garis Finish.
Jujum Finish lebih dulu sekitar Dua detik lebih cepat dari Juki. Mereka lalu memarkir motor kebanggan mereka ke tempat semula dan menghampiri kami yang dari tadi cuma jadi penonton yang berisik. Mereka berdua disambut temen temen gue yang lain dengan suka cita, bahkan ada juga yang meluk dan mencipok gue segala. (Lah.? Yang balapan emang siapa?)
Ilustrasi doang..
Suasana jadi tambah berisik dan gue ngerasa jadi ada yang aneh, gue ngerasa ada yang sedang merhatiin kami, gue jadi punya feeling kalo kami bakal digrebek sama warga dan digantung satu persatu lalu mayatnya dibuang ke Jamban. (Ya Ampun Lebay banget.!)
Ahirnya berlahan tapi pasti, gue bisa kabur diam diam. Tapi sialnya, gue malah kabur ke tempat yang salah. Gue kaget setengah mati pas gue nyadar udah berdiri di depan Warung Kopi tempat biasa kami nongkrong dan Ngutang. Dengan sigap gue langsung balik badan sebelum yang punya warung ngeliat. Mau nggak mau gue harus balik lagi ke tempat anak anak pada nongkrong. Pas gue sampe situ gue ngeliat sesosok manusia yang sepertinya gue kenal, orang itu adalah jawara balap dari RT sebelah,

“Gila, berarti suara balapan tadi kenceng banget sampe ngebangunin orang orang waras dari Rt sebelah”

Gumam gue dalem ati gue liat dia lagi ngobrol sama anak anak. karena penasaran guepun bergegas menghampiri mereka. Tapi pas gue baru nyampe dan duduk, doi malah cabut sama motor modifikasinya yang menurutnya keren.
“Dia ngapain ke sini?” Tanya gue ke Slamet yang lagi ngerokok depan api unggun
“Nantangin Balapan tuh” Jawab Slamet cuek
“Terus, siapa yang mau balapan sama dia?”
“Ngga ada yang mau”
“Ngga ada yang berani maksudnya?” Tanya gue menyelidiki
“Bukannya gue nggak berani, tapi gue nggak mau kalo harus balapan buat adu gengsi” Jawab Jujum tiba tiba
“Iya, Bro.. Lagian dia mah udah kelas atas. Kalo balapan pasti mintanya taroan” Timpal Slamet yang masih ngerokok
“Kita kan tadi balapan cuma buat iseng aja. Bukan buat adu gengsi” Tambah Juki kemudian
"Halah, Kopet. Bilang aja takut, ngga usah banyak alesan lo.!" Cibir gue sambil ngeliatin muka mereka Satu persatu
"He hehehehe he hehehe" Jawab mereka serentak entah apa maksudnya.

Oke lah.. sebenernya gue ngerasa lega juga karena temen temen gue nolak diajakin balapan sama jawara RT sebelah. Balapan yang tadi aja udah cukup bikin gue panik apalagi ditambah kalo balapan beneran, mungkin gue bakal berak di celana dan pingsan karena ngga kuat nahan Adrenalin.

Dari kejadian ini gue bisa ngambil Satu pelajaran penting yaitu:
 Balapan itu ternyata bikin tegang penontonnya. (Dari dulu juga gitu yak.?)

Apalagi kalo diwarnai inseden kecelakaan jatoh dari motor, pasti gue bisa dapet pelajaran penting lainnya yaitu :
Bahwa hukum Gravitasi bumi itu masih berlaku. (Wew.!!)

1 comment:

  1. Balapan itu harus aman. apalagi balap liar, itu melanggar hukum

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...