Friday, June 1, 2012

KARENA NGGA LULUS


Semua berubah, ngga tau kenapa mendadak semua penghuni rumah ini menjadi modern. Mulai dari bapak gue yang mendadak politis sampe adek gue yang baru lulus SMA mendadak jadi Heroik. Ngga ketinggalan ibu gue yang biasanya hobi nonton sinetron yang hampir setiap hari melapor tentang cerita sinetron yang basi banget sekarang jadi lebih seneng nonton berita dan sejak minggu minggu kemaren ibu selalu lapor ke gue tentang perkembangan pencarian kotak hitam Pesawat Sukhoi super jet. Ibu kayaknya udah sedikit bosen sama cerita sinetron yang selalu mentok sama cerita anak yang ketuker, ilang ingatan atau kisah cinta yang diawali saling benci.
Suatu hari..
Waktu gue lagi makan sambil nonton TV, bapak tiba tiba ngedumel sendirian (Entah sendirian atau sengaja ngomong kenceng kenceng biar aku denger)
“Sepak Bola di Indonesia kok jadi kayak gini ya.? Ngga malu apa sama peserta yuro yang terkenal karena prestasinya.?”
“Timnas Indonesia juga ngga diem kok, pak. Mereka juga latihan biar bisa lebih berprestasi” Jawab gue.
“Tapi kalo ada dualisme liga kaya gini kan sebagian pemain yang kualitasnya bagus cuma jadi penonton. Ketauan banget para petinggi PSSI itu ngga begitu perduli sama kualitas Timnas”.
“Ya emang peraturannya kaya gitu, Timnas harus dipilih dari salah satu liga aja..”
“Dulu kan yang legal dari Liga super, kenapa sekarang jadi Liga primer.? Ntar kalo ganti ketua lagi ya paling dibalik lagi. Kaya maen maenan aja.!” Bapak sedikit emosi kayaknya. Sebelum kami melanjutkan obrolan tiba tiba pintu rumah ada yang gedor. Pas gue buka ternyata ada seorang ibu yang matanya sendu, kayaknya lagi sedih banget. Ibu tua itu tanpa basa basi langsung nanyain adek gue. Gue jawab aja apa adanya kalo adek gue masih di sekolahnya buat nerima pengumuman kelulusan.. Tiba tiba ibu itu ngomong panjang lebar dengan nada kesedihan yang mengiris hati. Sebenernya gue ngga tau Ibu itu ngomong apa soalnya ngomongnya lirih dan cepet banget. Tiba tiba ibu gue dateng dan semuanya berlahan menjadi lebih jelas. Pas ngeliat ibu gue dateng Ibu ibu itu langsung memeluknya dan ngucapin banyak terimakasih karena adek gue udah nolongin anaknya. Tepatnya sih bukan nolongin, tapi menghibur bareng temen temennya yang lain dan merawat anaknya yang pingsan di sekolah karena ngga lulus ujian.. ibu gue membawa ibu ibu itu masuk kedalam rumah lalu ibu itu curhat panjang lebar tentang anaknya yang ngga lulus. Ibu itu seperti nggak percaya kalo anaknya ngga lulus.
“Ibu tau sendiri kan anak saya itu kaya apa. Dia itu lebih rajin dari anak ibu dan anak saya juga ngga pernah bikin masalah di sekolahnya. Bahkan waktu kelas Satu dulu dia pernah dapet rengking Tiga. Kami juga sebagai orang tua ngga pernah dipanggil ke sekolah sama wali kelasnya. Ngga kaya anak ibu yang hampir Dua minggu sekali orang tuanya dapet panggilan dari kepala sekolah.. ” lirih banget ibu itu menumpahkan perasaanya. Ibu gue dengan segala kebijaksanaanya lalu membesarkan hati dan menjelaskan bahwa ini hanya ujian dan keputusan kelulusan itu ngga hanya diliat dari berapa sering orang tua murid dipanggil ke sekolah karena ulah anaknya yang melanggar peraturan. Suasana menjadi hening… dan tiba tiba bapak gue bilang
“Jangan terlalu sedih, bu.. ngga lulus juga ngga papa. Nanti kalo anak ibu sudah gede suruh nyalonin jadi ketua PSSI aja. Gajinya gede lho, bu..”
Seketika tanpa komando semua mata yang ada di situ langsung mengarah ke bapak dengan tatapan
“Maksud Lo.?!”
“Uhmmmmm…. Mungkin kepala sekolahnya salah. Yang sebenernya ngga lulus itu anak saya bukan anak ibu. Coba besok dicek lagi aja ke sekolah” Lanjut bapak gue dengan bijak banget dan, Nggak Nyambung…..

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...