Tuesday, July 31, 2012

CUMA BUTUH PERBEDAAN


Sebelum membaca Postingan ini perlu diinget kalo postingan ini bukan gue tujukan buat siapa siapa tapi postingan ini gue khususkan buat gue sendiri (Ya.. gue ngeblog buat gue sendiri) tapi belakangan gue mulai goyah dengan mode ngeBlog sekarang ini.

To the point..
Gue pernah punya niat mengawali postingan gue dengan kalimat berikut:
“Udah seminggu ngga online nih”. Tapi gue langsung sadar dan balik Tanya ke diri sendiri
“Apa sih yang membuat lo ngerasa diperhatiin banget.?”
Pernah juga kalimat ini:
“Udah Lima hari nggak posting nih”. Dan gue lagsung nanya
“Lo ngerasa blog lo penting banget apa.?.”
Pernah juga terlintas kaya gini:
“Hari ini gue pengen serius, kalo mau lihat postingan gue yang lucu klik di judul yang laen aja”. Tapi hati kecil gue teriak
“Berasa kalo lo penting banget ya.?”

Aduuh… ayo dong jadi diri sendiri.! Lo boleh mengidolakan siapapun tapi jangan lo makan mentah mentah style idola lo. Udah banyaaaaakk banget yang pake gaya kaya gitu. Modifikasi dong style idola lo itu, lo tuh kadang kadang udah keliatan kreatif dan produktif. Ngga perlu membajak seextrim itu demi kesan “keren” dari orang lain.!!
Kalo udah ada karya dari idola lo itu, terus ngapain orang lain baca karya lo juga kalo stylenya sama. Gue ngga bermaksud ngajarin lo, gue tau banget kalo gue ngga lebih baik dari lo. Gue cuma pengen sesuatu yang beda dan lebih berwarna. Idola itu Inspirasi dan nggak harus jadi dia kalo lo ingin menjadi inspirasi orang lain.
Lo akan pilih yang mana?
“Keliatan keren tapi pake gaya orang lain atau keliatan biasa biasa aja tapi pake gaya sendiri.?”
Ragu ragu kan pilihnya.? Kalo gue tambah pilihannya menjadi :
“Keliatan keren tapi pake gaya orang lain”
“keliatan biasa biasa aja tapi pake gaya sendiri” atau
“keliatan keren tapi pake gaya sendiri”.
Pasti bakal pilih opsi yang terakhir kan ya… tentu ngga mudah mencari ciri khas sendiri dan tentu saja lebih mudah menggunakan ciri khas orang lain. Oleh sebab itu kita perlu yang namanya Idola. Idola itu akan kita gunakan sebagai alat pendatang inspirasi buat kita, macam macam caranya mulai dari memodif kalimat sang idola menjadi Satu lembar cerita sampai meringkas cerita sang idola hanya menjadi Satu kalimat. Yang penting jangan meniru sama persis, itu namanya Plagiat.
Sebagai Contoh kata popular sekarang ini.
Jangan kira ngga ada orang yang tau Kalo Idola lo itu sering ngomong “Move On”. Semua orang udah tau.!! Inget, dia itu jadi Idola banyak orang. Dan ketika lo menggembar gemborkan kata “Move On” itu di setiap postingan lo dan merasa kalo itu adalah kata original milik lo, pembaca akan muak dan langsung mencap di jidat lo dengan kalimat..“Korban Mode.!”

Kata temennya Raditya Dika “Tidak mungkin adalah sebuah kalimat yang tidak masuk akal.” Tau kan apa artinya.? Mau kaya Raditya Dika.? Pasti bisa.!! Buktinya Alit Susanto dkk bisa bikin buku yang isinya cerita gokil kaya buku bukunya Raditya Dika. Tentu saja dengan gaya yang berbeda dan dengan ciri khas dirinya sendiri. Jadi kalo lo pengen dikenal punya ciri khas, ya jangan pake ciri khas orang laen.
Dan inget, sebelum ada Raditya Dika dengan Kambing Jantan dan seterusnya, itu udah ada hilman dengan LUPUSnya. Dan kalo diliat dari “gokil”nya, Raditya Dika itu terinspirasi dari Hilman. Hanya saja Hilman membuat Lupus secara Fiksi dan Raditya Dika mengklaim novelnya dari pengalaman pribadi (Non Fiksi). Jadi…. Kalo sekarang yang trend dan banyak digandrungi adalah cerita “gokil gokilan” dan lo pengen terlibat di situ, maka yang harus dilakukan adalah “DIFERENSASI”

Udah ah, ngomelnya.!! Ntar dikira udah Gendeng kalo ngomelin diri sendiri.:mukabego:

7 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...